Penggunaan Plywood Sebagai Bahan Dasar Drum Band

Hampir semua Pengrajin ( Home Industry ) Drum Band dan Marching Band di tanah air menggunakan Playwood sebagai bahan dasar dalam pembuatan Body Drum untuk semua produknya antara lain Body snare Drum , Tenor Drum, Bass Drum, trio tom, kuartom, dan quint Tom.

Pemilihan penggunaan plywood sebagai bahan dasar pembuatan body drum ini berdsarkan pertimbangan antara lain karena bahan triplex / playwood mudah dibentuk menjadi tabung/drum atau  proses pembetukan dum / bentuk tabung drum band yang relatif mudah dan waktu proses yang singkat, disamping itu juga atas karena body drum yang dihasilkan relatif ringan dan kuat, dan alasan yang paling utama adalah karena hrganya yang relatif murah untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan uraian berikut

1. Pengertian Plywood

plywood atau triplex dan multiplex
plywood atau triplex dan multiplex
Plywood atau yang biasa disebut multipleks dan tripleks adalah salah satu produk kayu olahan dari bahan kayu solid. Produk ini terbuat dari lembaran kayu tipis yang biasa disebut veneer. veneer-veneer tersebut  disusun saling tindih dengan arah serat (grain) yang saling melintang (tegak lurus) lalu dilekatkan dengan menggunakan lem (glue) dan  di press dengan menggunakan  tekanan yang tinggi. 
 Penyusunan urat kayu (grain) pada setiap lapisan veneer harus diatur sedemikian rupa sehingga urat lapisan veneer yang di bawah tegak lurus (melintang)  dengan urat lapisan veneer di atasnya untuk menciptakan kayu lapis yang merekat dengan kuat.

Veneer merupakan sayatan kayu yg berbentuk lembaran-lembaran yang di peroleh dari proses pengupasan kayu log secara rotary. Dari proses ini diperoleh lembaran yang lebar dan panjang pada ketebalan yang kecil (0.3mm – 3mm).


Adapun  veneer dalam suatu produk plywood biasanya berjumlah ganjil mulai dari 3 (triply/triplek), 5, 7, 9 (multiply/multiplek) untuk menciptakan konstruksi kayu yang seimbang. Bagian tengah kayu lapis, atau biasa disebut central core, biasanya relatif lebih tebal dibanding veneer namun dengan kepadatan yang lebih rendah agar hasil akhir kayu lapis tidak menjad terlalu berat

2. Penggunaan Plywood Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Tabung/ Drum Band

Plywood/Tripleks merupakan produk kayu olahan yang banyak digunakan untuk memenuhi berbagai aspek butuhan manusia. Dari mulai berbagai macam produk Furnitur, Mebel, Bangunan seperti plafon, dinding, , bahkan sampai kebutuhan arsitek.

Banyaknya penggunaan plywood itu tidak lepas dari berbagai macam keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh material plywood ini dibanding dengan material sejenisnya antara lain:
  • harganya yang relatif murah
  • Memungkinkan penggunaaan lembaran-lembaran papan dengan ukuran yang lebih lebar
  • material yang relatif ringan sehingga memudahkan dalam pembuatan barang-barang tertentu
  • Memungkinkan penggunaan lembaran-lembaran untuk dapat dibentuk melengkung/ kurva, atau tabung,(bulat)
  • lebih tahan terhadap retak apalagi  pecah/belah
  • Tngkat penyusutan yang relatif kecil
Disamping kelebihan atau keunggulan plywood juga memiliki kelemahan atau kekurangan dibanding dengan papan kayu antara lain:
  • Tidak tahan / rentan terhadap air (cepet rusak)
  • tidak tahan terhadap cuaca yng lembab 
  • tidak kuat dalam memumpu beban berat
  • dll.
Dengan sifatnya sebagai lembaran yang kuat, ringan dan mudah dibentuk melengkung maupun tabung  tersebut maka plywood dapat digunakan sebagai salah satu material / bahan dasar dalam membuat Tabung / Drum dalam industri kerajinan Drum Band / Marching Band.

Pembuatan body drum dengan dari bahan plywood
Pembuatan body drum dengan dari bahan plywood

Agar mudah dalam proses pembentukan body drum/tabung maka digunakanlah plywood yang tipis (ketebalan 2,0 mm atau kurang) namun agar dihasilkan body drum yang kuat maka digunakan plywood beberapa lapis (diseuaikan dengan kebutuhan dan budget ) dengan cara direkatkan dengan lem (glue) dan dipress agar lapisan plywood menyatu dengan baik sehingga dihasilkan body drum yang kuat.

demikian postingan Penggunaan Plywood Sebagai Bahan Dasar Drum Band ini semoga bermanfaat untuk kita semua