MANFAAT DRUM BAND / MARCHING BAND

Secara umum pengertian drum band / marching band dapat diartikan sebagai bentuk permainan musik yang terdiri dari beberapa orang personil atau kelompok untuk mengiringi langkah dalam berbaris, atau dengan kata lain berbaris sambil bermain musik dengan memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama.

Biasanya Corp / Group Drum Band dan  Marching Band dibentuk oleh organisasi atau kelembagaan tertentu seperti instansi Pemerintahan meliputi Lembaga Pendidikan baik Negeri maupun swasta, Militer atauOrganisasi Masyarakat non pemerintahan.

Corp Drum Band dan Marching Band di bentuk oleh suatu lembaga atau organisasi tertentu mempunyai tujuan dan manfaat khususnya bagi anggota maupun bagi lembaga yang menaunginya antara lain:
  • Membekali / menanamkan kepada para anggotanya berupa pengetahuan,   pemahaman dan keterampilan bermain musik baik secara teori maupun praktek, dengan melalui berbagai macam proses latihan yang sistematis dan kontinu. Berbagai pengetahuan dan ketrampilan ini diharapkan dapat dapat bermanfaat untuk masa depan anggotanya antara lain sebagai modal untuk meniti karir di bidang musik sebagai musisi profesional maupun manfaat lainnya
  • Menanamkan kedisiplinan dan kerjasama dalam kelompok kepada Anggotanya, Kegiatan marching band merupakan kegiatan kelompok sehingga membutuhkan kedisiplinan anggotanya, memahami peran masing-masing anggota dalam kerjasama team, saling menghargai dan saling mendukung . Kemampuan bekerja sama ini akan sangat bermanfaat dalam hal membangun hubungan antar-manusia (interpersonal) dan menjalin kerjasama yang harmonis diantara mereka, sehingga setiap permasalahan (baik yang ringan ataupun yang berat) dapat diselesaikan bersama-sama.
  • Menanamkan rasa percaya diri dan loyalitas terhadap team, lembaga atau organisasi. Melalui berbagai penampilan, prestasi dan penghargaan yang diterima olehn team nya maka dapat memberikan rasa percaya diri dan kebanggaan dan loyalitas terhadap team nya
  • Manfaat bagi lembaga, organisasi   adalah sebagai media untuk mensosialisasikan suatu lembaga / organisasi kepada masyarakat luas melalui berbagai macam event yang diikuti. Khususnya bagi sekolah  Corp Drum Band dan Marching Band mempunyai manfaat lebih yaitu sebagai media promosi yang efektif dan meningkatkan Citra/Image dan Nama Baik Sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler Marching Band, sehingga dapat menarik minat calon siswa untuk mendaftar di sekolah tersebut.
  • Manfaat lain dari kegiatan Drum Band dan Marching Band khususnya bagi siswa sekolah yang tergabung dalam corp drum band adalah mempunyai nilai prestasi lebih yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui jalur siswa berprestasi.
  • dan berbagai macam manfaat lainnya